GENERASI ANTI KORUPSI

1:47 PM Unknown 0 Comments

          Kasus korupsi di Indonesia bukan hal yang baru lagi dalam lingkungan masyarakat. Saat ini pelaku secara terang-terangan melakukan korupsi, baik di Instasi pemerintah maupun swasta . Budaya korupsi telah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia mulai kalangan bawah sampai atas . Untuk menjaga generasi Indonesia agar tidak melakukan korupsi adalah seperti seorang guru yang harus mengajarkan muridnya untuk tidak bersikap korup dalam hal apapun . Jika murid telah diajarkan sejak dasar, maka kemungkinan besar murid tersebut akan tumbuh dengan pribadi yang jujur .
            Sekarang ini Negara Indonesia berada dalam peringkat ke lima atau peringkat 137 dari 146 diantara Negara terkorup didunia dan tahun 2005 yang lalu . Kesan Negara terkorup belum dapat dihilangkan   bagi Negara Indonesia .

        Oleh karena itu di dalam tahun 2013 ini, kita sebagai generasi harus mempunyai upaya yang kuat untuk menghilangkan kekhawatiran peningkatan korupsi di Indonesia. Sesuai dengan pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bertekad untuk melakukan pemberantasan korupsi .
            Tanpa adanya penegakan hukum , anggapan negatif terhadap Indonesia dimata bangsanya sendiri dan dimata luar negeri akan semakin bertambah , dengan adanya korupsi sebagai musuh dalam selimut dan tetap menjadi kenyataan pahit yang tidak dapat di hindarkan . Akibatnya Negara Indonesia akan semakin terpuruk dalam bidang pidana korupsi.
          Korupsi adalah penyalahgunaan keuangan Negara untuk kepentingan pribadi. Penyalahgunaan ini dilakukan secara sepihak oleh pejabat Negara seperti penyuapan, pemerasan dan penipuan.
            Korupsi tersebut meliputi kegiatan-kegiatan yang tidak patut yang berkaitan dengan kekuasaan , aktivitas-aktivitas Pemerintah atau usaha-usaha tertentu untuk memperoleh kedudukan secara tidak patut serta kegiatan lainnya seperti penyogokan.
            Jadi pokok permasalahan dari pengertian korupsi secara harfiah dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa sesungguhnya korupsi itu sebagai suatu istilah yang sangat luas pengertiannya. Dengan demikian pendekatan yang dapat dilakukan terhadap masalah korupsi bermacam ragam pula .

A.   KESIMPULAN  
            Dalam rangka penegakan pemberantasan korupsi, kiranya kita harus mengakui bahwa yang terpenting saat ini adalah komitmen antar penegak hukum, termasuk kejaksaan Agung untuk menerapkan anti korupsi sebagai titik awal dalam pemberantasan tindak pidana korupsi . Sedangkan upaya mencegah tindakan korupsi dapat dilakukan dengan menanamkan sikap anti korupsi sedini mungkin melalui proses pendidikan. Pada lingkungan keluarga, anak-anak harus dibiasakan untuk selalu taat kepada aturan/hukum. Pada lingkungan sekolah , melalui pengenalan berbagai aturan/hukum dan pembiasaan hidup sesuai aturan . Pada lingkungan masyarakat melalui berbagai usaha penerangan dan pembiasaan dalam pergaulan yang taat aturan.

B.   SARAN
Mengingat korupsi merupakan kejahatan luar biasa sehingga harus dihadapi  dengan keras , maka untuk memberantasnya tidaklah hanya mengandalkan hukum saja tetapi juga dibutuhkan pula komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi. Jangan sampai dalam penegakan hukum dilakukan setengah-setengah.
Upaya memberantas korupsi harus kita mulai dari dalam diri setiap individu, yaitu dengan menumbuh kembangkan “SIKAP ANTI KORUPSI” . Itu kembali kepada diri kita sendiri karena kita inilah Generasi anti korupsi dimana generasi penerus cita-cita mulya bangsa Indonesia .


DAFTAR PUSTAKA

Budiyanto. 2006. Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Jakarta : PT.Asa Mandiri.

Cholisin. 2004. Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi .Takarta : PT.Bumi Aksara.

Hartono,Drs. 2010. Ayo Generasi Anti Korupsi. Surabaya : PT.Yrana Widya.


0 komentar:

Ketik Komentar Disini