Warna-Warni OSPEK PAMB (Pembekalan Awal Mahasiswa Baru) di Unimed

3:58 PM Anggita Siregar 0 Comments

Gita, Anggi, Leli, Fins & Rizki
Warna-Warni OSPEK

PAMB (Pembekalan Awal Mahasiswa Baru) atau yang biasanya disebut Ospek ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang hanya menguntungkan pihak-pihak semata. Namun bisa saya ceritakan disini bagaimana ospek sebenarnya yang saya rasakan tahun 2014 di Universitas Negeri Medan, kampus saya *hehe sebelumnya perkenalkan dulu nama saya Anggita Siregar, Mahasiswi Baru 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED), lulus jalur SBMPTN.

14 Agustus 2014 (Awal Pembekalan Maba)
Ini masih pembekalan dan pengarahan saja, adapun alat-alat yg dibawa normal: Topi kerucut, bed nama (nama, nim, Fak&Jur, dan Motto), bendera, makanan (bontot, softdrink, & coklat). Normal kan? Gaada tuh pete, sumbu kompor, atau apalah yang berhubungan untuk masak mama didapur>< Berhubung karena saya berasal dari FE jadi semua alat-alat tersebut harus berwarna hijau, tak tau kenapa harus hijau mungkin karena sesuai yel-yel yang diberi senior: “Duit…duit…” biasanya sih kalo orang lihat duit matanya hijau yaa walaupun kadang gak mau ngaku tetep saja matanya hijau *hehe, terus baju yang dipakai *standarlah putih hitam, kalo yang pake jilbab warna jilbab wajib hitam supaya gak warni-warni *kayak pelangi^^ terus sepatu harus bertali warna hitam *pake aja sepatu SMA dulu, setelah itu kami diberikan lagu-lagu yang cukup menyentuh hati, 2 lagu yang sangat menarik. Judulnya: Darah juang dan Buruh tani. Taukan? Pasti tau dong lagu itu juga udah jadi ciri khas di setiap kampus kamu pastinya, kalo yang gak tau cari dong ke om google *om google pasti tau^^ setelah diberikan lagu-lagu itu kami menyakikannya bersama-sama senior, terlihat hening padahal kami sedang bernyanyi mungkin karna lagunya setipe lagu hening cipta kali ya *hoho okedeh selesai menyanyikan diberitahu besok harus datang ke Gedung Serbaguna UNIMED harus jam 06.00 pagi sudah sampai, lalu kami gak boleh bawa kendaraan serta hanya boleh diantar ke gerbangnya saja, dari gerbang ke gedungnya kami wajib jalan, itusih yang buat maba banyak takut *takut dihukum kalo telat dan ngelanggar haha tapi saya gak takut. Oke setelah itu pulang membuat semua yang kan dibawa esok, menunggu hari esok.

15 Agustus 2014 (Hari pertama PAMB)
            Tik tok waktu terus berjalan, karna kemalam tidur saya jadi kesiangan. Disuruh jam 06.00 eh saya berangkat dari rumah jam 06.45 *ngaret terus nih, 15 menit otw ke unimed, mama yang mengantar saya dengan keadaan gerimis yang beramai-ramai turun *eseh bahasanya. Tiba sampai di gerbang unimed pukul 07.00! telat satu jam, saya melihat kanan kiri *semoga gak ada senior disini, saya suruh mama ngantar sampai gedung, pas pertama mama nanyak ke satpam “boleh gak diantar sampai dalam?’’ “boleh” eh taunya uda sampai lima meter satpamnya baru bilang “bu mahasiswa baru gak boleh diantar sampe dalam” grrr satpam nya buat geram pengen saya lempar batu udah tau saya telat 1 jam *tambah naik darah saya gara-gara satpam plinplan, baiklah saya turun, ternyata disebelah kanan maupun kiri saya ramai sekali maba yang telat, ah lega ternyata kalopun dihukum bukan saya sendiri tapi banyak maba telat *haha tertawa lega (tapi terus berlari-lari). Sampai di depan pintu gedung ternyata senior banyak juga, ah saya gak takut, mereka hanya pelaksana tugas bukan polisi *fikir saya. Saya terus berlari ke dalam mencari topi-topi hijau. Ramai sekali, sudah berapa puluh barisan belum lagi yang kursi atas, saya langsung naik mencari kursi kosong ternyata tidak ada yauda deh duduk di tangga. Toh banyak juga yang duduk disana. Ngelihat keadaan sekitar *kereeun banget dah.
Ternyata setelah dibuka oleh MC acaranya saya sungguh terkejut *apaaa? Iya terkejut, hari ini ternyata masih pamb Senat unimed. Baru esoknya pamb oleh sema fakultas. Hellooo apa apaan? Kalo SMA sih Cuma di mos sekali itu Cuma sama anak osis doang eh sekarang beda ternyata yah. Jalani aja deh.
Waktu terus berjalan tik tok *boring banget duduk aja dari tadi. Duduk sambil nyanyiin lagu-lagu yang dikasih kemarin, terus kata sambutan dari rektor, dekan, pembantu dekan I dll. Terus perkenalan kakak-kakak senat. Siangnya kami break. Karena hari jumat yang laki-lakinya shalat dulu dan yang perempuan bisa makan bontotnya. Waktu itu kami disuruh senior makan di Gelanggang H.Anif jadi bareng-bareng deh anak ekonomi jalan kesana sambil teriakin yel-yelnya “Duit…Duit..”. Akhirnya sampai juga dan kami dipersilahkan makan oleh senior. Setelah makan yang lucunya teman saya pandai sekali. Di pintu keluar sudah ada senior meletakkan goni yang intinya softdrink dan coklat yang dibawa dikumpul disitu. Teman saya bisik-bisik: “Nggi gausah kita kumpul yuk toh taunya bukan kita yang makan, terus tuh liat aja yang jaga goni cuma satu orang seniornya gak mungkin lah kita dimarahi, ntar kita makan sendiri aja coklatnya siap shalat” *hahaha ide bagus kawan, oke deh setelah keluar kamipun dibawa ke masjid untuk shalat zuhur, sumpah rame banget mau ambil air wudhu aja sampe gak bisa masuk juga keluar aduh seumur-umur kalo saya ke unimed shalat di masjidnya ga pernah serame ini, pernah juga sih rame itu waktu ada tes polisi dan polwan, itupun juga gak seramai ini *bener-bener sulit cari udara. Eh dimana-mana bau keringat aduh gapapa deh cuma beberapa hari doang kayak gininya *fikir saya.
            Akhirnya siap juga shalat. Kamipun ditunggu senior dibawah buat berjalan lagi ke gedung serbaguna. Huaa membosankan, lagi-lagi didalam ruangan duduk diam dan mendengarkan>< paling ngomong dan ketawa kalo anak Ekonomi disapa doang, teriakan senior “Fakultas ekonomi???!!” “Duit…Duit…” setelah itu diam senyap, kalo ada yang lucu ketawa. Dengerin band-band yang nyanyi, ikuti nyanyi kalo tau lagunya. Kalo gak tau yowes diam aja ya. Ngebuka HP idih banyak juga sms dari kawan-kawan, balasin aja deh daripada bosen. Tiktok *Waktu maju terus. Di jam tangan ga terasa sudah jam 17.00 wah tidak terasa yah. Tapi kami masih duduk didalam gedung gak bergerak dari tadi. Denger senior ngasih pengarahan terus. Eh ternyata ujung-ujung “setelah ini kalian sudah ditanggung jawabi oleh Sema Fakultas masing-masing. Nah ini dia yang buat saya berfikir malas datang besok. Hari pertama sudah boring, gimana hari kedua coba?. Lalu akhirnya kami turun dan dituntun jalan keluar oleh kakak-kakak sema fakultas masing-masing. Fakultas ekonomi dibawa ke depan gelanggang H.Anif. Baris duduk dan mendengarkan. Ada satu abang senior yang kayaknya emosian banget. Udah kayak mau dimakan aja kami, padahalkan kami gak tau apa-apa *masih polos gitu. Dikasih tau apa aja yang harus dibawa besok *duh beda lagi yang dibawa><. Pakaian putih hitam, yang cowok pake dasi hitam *dasi beneran kok bukan pete:p. Terus yang cewek kalo yang tadi jilbab hitam ini beda, wajib putih dan harus dimasuki kalo yang gak pake jilbab rambutnya disanggul gitu supaya rapi *sanggul sendiri gak perlu kesalon, ditambah kami wajib pake Syal hitam, diikatkan ke leher, aduh repot juga. Banyak cewek yang protes karna banyak gak di medan, pada ngekos gak punya syal hitam, akhirnya ditolerir terserah pake apa aja yang warna hitam yang penting bisa diikat di leher. Taplak mejapun kalo ada warna hitam ikatkan dileher gak apapa *hahaha Eh jangan salah dulu, ini bener- bener elegan. Ternyata setelah dikasih tau senior “kalian tau seperti apa kalian besok?”, “lihat pegawai kantor bank, pakaiannya rapi, yang cowok pake dasi, yang cewek pake syal” Oh iyaiya fikir saya, ah bakalan kereeeun deh. Trus lanjut lagi harus pake Tas hitam. Gak boleh tas ransel. Yang cowok tas laptop gandeng, yang cewek tas gandeng. Sepatu harus pansus hitam gak boleh bertali, kaus kaki hitam. Satu lagi buat bed nama (nama, no hp, ttl dan asal sekolah? Dan terakhir bawa bontot, softdrink dan coklat. Teriakan senior “Besok kita kumpul depan gelanggang ini jam 06.30 wajib sudah sampai disini” oke akhirnya kami dipersilahkan pulang. Waktu itu sudah pukul 18.30. Nunggu jemputan ternyata sudah ditunggu mama daritadi, tapi sebelum pulang ke minimarket cari softdrink dan coklat. Setelah itu sampai rumah. Bersih-bersih, makan malam, siapin semua. Jilbab putih, syal, tas dan sepatu dll. Okedeh siap menunggu hari esok.

16 Agustus 2014 (Hari Kedua PAMB)
            Tik tik took waktu udah menunjukkan jam 5 pagi, sayapun langsung segera mandi, shalat, sarapan dan bersiap-siap. Aduh kenapa perasaan saya jadi deg-degan gini ya padahal kan ini pasti sama aja kayak kemarin hmm tapi jalani aja deh. Waktu menunjukkan jam 6 aduh saya belum pakai sepatu nih. Habis pakai sepatu tiba-tiba mama bilang “wah rapi banget anak mama ini ya udah kayak pegawai bank aja pakai syal jilbabnya dimasukin tasnya model pegawai bank trus spatunya pansus hitam” *idih masak sih fikir saya. Saya lihat ke kaca wauu keren banget sumpah kayak pegawai bank beneran deh *hehe lebay:v yaampun jam ditangan udah 06.15 aduh pasti telat nih. Buru-buru saya diantar mama sampai sana jam 06.40 telat 10 menit udah itu disemprot deh sama senior kenapa terlambat bla bla bla akhirnya saya dan temen yg lain terlambat boleh masuk barisan. Kami baris depan Gelanggang H.Anif Sejam kami diperiksa atributnya. Yang gak lengkap atau salah disuruh maju kedepan yaampun kasian banget. Coklat+softdrink kami dikumpul n setelah itu yang tadinya maju kedepan karna masalah atribut malah dikasih coklat n softdrink. Gile enak bener dah. Mending tadi gua pake sepatu pink kalo gitu biar dapat coklat gituloo ah tapi malu kan ya hihihi. Udah itu kami dibawa ke gedung serbaguna nya saya berdoa yaAllah semoga gak boring aamiin. Kami pun berjalan ramai-ramai ke gedung sambil menyanyikan yel-yel “ekonomi bisa!!” sesampai di depan gedung kami disuruh baris dulu. Aduh barisan saya paling belakang disuruh baris padahalkan kami yang di depan gimana sihL Tiba-tiba yang di depan saya protes “loh kak kami kan duluan jalan tadi kok belakangan sih” hmm anak ini berani juga ya orangnya. Saya pun ngasih komentar yang sependapat sama dia. Tapi toh tetep kami dikacangin. *aduh kak kacang lagi murah yaa tiba-tiba dia ajak kenalan saya, nama panggilannya rizki. Dia teman pertama saya yang paling dekat di OSPEK. Ternyata dia asyik banget orangnya, gak pemalu malah saya habis ketawa dibuatnya hahaha teman yg menyenangkan. Okee fix setelah kami masuk ke ruangan dengan wajah yang sebel. Dibukalah acara dengan kata sambutan dari dekan-dekan FE dan ketua Semaf. Ehm rizki berbisik ke saya “Kakak-kakak semafnya manis-manis ya nggi” Ha apa saya langsung memperhatikan kakak yang ditunjuk rizki haha memang bener dan kakak itu mirip dengan seseorang hehe *jangan galau pokoknya saya gak boleh mikir yang aneh-aneh karena tujuan saya pengen ngeraih target-target di kuliah ini. Selesai kata sambutan barulah kami disuruh duduk dan panitia mengajak main games. Hehe banyak banget gamesnya saya dan rizki hampir mati karena ketawa terus udah main games kami disuruh goyang oplosan dan joget sesar rame-rame. Setiap Jurusan mewakili. Jadi dari jurusan saya diwakili sama cowok yang mukanya mirip sama cesar. Abis kiky ketawa setengah mati ngeliat tuh anak. Udah wajahnya mirip ditambah lagi jogetnya apa yang gak lucu coba. Saya dan rizki joget ketawa yah itu-itu aja selama setengah jam. Jadi habis itu masuk ke games lainnya. Tiba-tiba kakak yang ditunjuk rizki tadi berjalan dan berhenti pas dibarisan kami, rizki dengan beraninya nanyak “kak kok pendiem kali sih gak kayak kakak-kakak yang lain hehe” “ah masak sih kakak biasa memang kayak gini” jawab kakak itu. Hah dasar rizki ada ajadeh yang diomongin hahaha. Entah kenapa saya berfikir PAMB hari ini lebih baik dari hari kemarin. Lebih seru gitu. Waktupun terus berjalan sampai kami istirahat. Kami makannya disitu juga. Saya dan rizki mulai memakan bekal yang kami bawa. Di belakang rizki ada cewek yang gokil menurut saya, dia bercerita lucu-lucu dengan kawan sebelahnya. Saya bilang deh “eh awaslo  ntar kesedak sama sendok-sendoknya payah keluar” rizki yang sibuk makan juga tertawa dan cewek yang gokil juga temannya tertawa. Disitu ia ngajak kenalan sama temennya juga. Namanya finni tapi saya mau manggil dia fins ajadeh. Trus nama temennya leli. Kamipun saling bertanya asal masing-masing dan mulai akrab. Setelah makan kami bergegas ke masjid beserta maba lainnya. Di sepanjang jalan rizki dan fins kelihatan akrab sekali terus tertawa sampai saya dan leli pun ikut tertawa. Saya senang karena punya teman yang gak garing, gak ngebosenin dan pastinya gak cuek. Itu sama sekali gak masuk dalam daftar pertemanan saya. Selesai shalat fins ajak fins ajak foto-foto gitu biar ada kenang-kenangan hihihi liat ya ini fotonya. Maklum kalo gak bagus habisnya muka-muka capek gitu kali yaaa
Rizki, Fins, Anggi & Leli^^


Selesai foto-foto kami balik lagi ke gedung serba guna, pas mau jalan kesana lagi-lagi fins minta foto. Kayaknya memang fins eksis gitu deh orangnya padahal iya. Haha tapi saya suka^^

Nah jadi lima orang bingung kan yang satunya lagi siapa? Itu nama Tri Gita. Dia temen saya pas bimbel dulu jadi dia ternyata masuk unimed juga makanya saya ajak foto bareng. Sesampainya kami di gedung dengerin kakak-kakak yang main gitar, keyboard. Jadi kami berlima duduk berdekatan eh lupa kalo gita kan beda jurusan sama kami jadi gita nya pergi deh takur tertuker gitu kalo di filmkan *gita yang tertukar hehe. Udah itu kami disuruh bariskan lagi, aduh mau kemana lagi sih ni? Kami disuruh jalan sama senior ke Gedung FE wah kalo itusih saya mauuu banget apalagi di gedung barunya heheh. Setelah sampai di gedung kami dimasukkan ke Aula FE untuk dengar seminar gitudeh. Kamipun langsung bergegas ambil tempat paling depan dan nyaman. Ternyata Udah jam setengah tiga siang. Yang memberi materi seminar Cuma sedikit saja. Dilanjutkan dengan games-games aneh,lucu dan pastinya ngegemesin. Ada games yang paling unik. Sebutkan nama pacarnya, dia dimana sekarang uda berapa tahun pacaran. Yang berani dikasih coklat dan softdrink. Haha lucunya ada yang malu-malu. Ada yang cerita sedih baru putus sama pacarnya. Kami Cuma tertawa aja dengerin games nekat ini. Tiba-tiba fins bilang “eh ayok salah satu dari kita jujur sebuti nama pacarnya supaya kita dapat coklat makan bareng-bareng kan enak hahaha” saya terfikir sejenak…. Hmm siapa ya? Ah gak adapun yang bisa disebut habisnya lagi gak punya pacar haha jadi fins yang berani ngomong ngasih tau nama pacarnya,sekarang lagi dimana dan udah berapa lama. Kami support fins dong pastinya dia dikasih coklat dan softdrink haha lengkap deh kunyah-kunyahannya. Trus fins tiba-tiba bilang “eh kelen tau gak sih sebenarnya finni Cuma buat-buat aja tadi supaya kita gak kering mulutnya hahaha” ah memang bener-bener gila teman saya satu ini. Tapi dia pede habis. Waktu sudah menunjukkan jam lima sore. Akhirnya masa-masa games pun berakhir. Detik-detik PAMB berakhir. Kalimat-kalimat sedih mulai dilontarkan kakak-kakak senior. Kami berempat yang tadinya terus tertawa sekarang murung. Entah apa yang kami fikirkan sekarang. Kamipun langsung bertukar no hp, pin bb dan social media lainnya. Berharap selalu ketemu dan berharap bisa sekelas tapi ternyata setelah diumumkan kami gak ada yang sekelas. Sedih bener-bener sedih singkat sekali rasanya. Tapi hidup harus tetap berjalan. Selamat tinggal masa-masa PAMB dan selamat datang kehidupan kampus. Semuanya sudah selesai, terimakasih kakak-kakak panitia. Dan kamipun pulang dengan perasaan yang tak seharusnya dirasakan. Berharap selalu ketemu setiap harinya.
-THE END-



Terima kasih

0 komentar:

Ketik Komentar Disini