Sempurnakan Hidup Bahagiakan Orangtua

2:00 PM Anggita Risyam S 2 Comments


Oleh: Anggita Siregar

Kapan terakhir kali kita mengatakan kata sayang terhadap kedua orangtua kita? Atau hanya mengucapkan “I love you, ma pa”. Mungkin kita hanya terdiam sejenak ketika mendengar itu. Yang terbesit di fikiran “sudah dewasa malu sama anak-anak”. Pemikiran ini saya lontarkan perkara hal ini sudah buming di kehidupan sehari-hari. Rasanya seperti hampa tapi apanya yang hampa ya? Nah selain kita memprioritaskan Tuhan. Jangan dulu memprioritaskan pacar dong. Ingat yang ngurus kamu dari kecil siapa? Lalu yang ngasih makan dan biaya-biaya kamu siapa? Lalu yang bla-bla-bla siapa? Pasti kalo kamu lagi diputusin pacar ujung-ujungnya gak selera makan, trus yang bujuk kalo gak mama, papa juga teman. Dari sini aja kita udah bisa lihat dimana prioritas Orangtua di kehidupan kita.
Nah disini penulis bakalan kasih tau tips-tips buat bahagiain orang tua. Kalaupun kamu masih malu bilang kata-kata sayang sama mereka, ya buat mereka berkata “terima kasih ya nak” dengan tindakanmu. Coba kamu rasakan ketika orangtua mu mengatakan itu padamu, pasti seperti ada letak kebahagiaan tersendiri. Oke balik lagi ke topik. Nah ini dia tips nya:

1. Jangan pernah berkata “ah” “is” “hem”
Coba lihat, seperti to be dalam bahasa inggris saja kan? Udah ada tiga kata aja tuh. Nah coba deh diingat-ingat kamu pernah gak ngucapin salah satu dari di atas? Jawabannya pasti pernah! Begini saja, coba anda bayangkan sekarang anda adalah orangtua entah sebagai ayah ataupun ibu. Anda memiliki anak yang cantik, pintar dan lucu. Suatu hari anda menyuruhnya membeli gula sebentar ke warung, namun dia tidak mau dan berkata “ is malaslah ma/pa nanti aja”. Apa yang anda rasakan? Apakah anda merasa biasa saja? Saya yakin anda pasti KECEWA. Itu dia analogi dari tips yang pertama. Maka renungkan dan jangan ulangi lagi.
2. Ucapkan “terima kasih” dalam hal sekecil apapun
Jika kamu tergolong anak yang manja. Kamu pasti ngeyel dan banyak permintaan. Nah memang gak semua anak manja banyak permintaannya namun ini merupakan hasil survey penulis memang 80% anak manja banyak permintaannya. Apa kamu sering mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang membelikan kebutuhan-kebutuhan mu? Atau malah itu kamu anggap sebagai angin berlalu. “Udah biasa kok bilang makasih, basi”. Coba bayangkan kamu bertemu dengan seorang pengemis kumal, kotor dan tidak ingin orang melihatnya. Tapi karena solidaritas kamu tinggi, maka dengan gagahnya kamu memberikan uang padanya. Lalu pengemis ini ternyata pengemis yang tidak tau diri. Ketika kamu memberinya uang ia malah pergi begitu saja. Apa yang kamu rasakan? Kecewa tidak? Jadi mulailah mengucapkan terima kasih dalam hal sekecil apapun kepada orangtua mu. Buat mereka terharu dan bangga kepadamu.
3. Luangkan waktu bersama mereka
            Nah kalau yang ini memang ada di beberapa anak yang sangat-sangat sibuk sehingga hanya berjumpa orangtua ketika pagi dan malam. Itu sangat tidak relevan, sebenarnya inilah yang membuat harmonis antara kita dan orangtua kita. Bayangkan saja jika anak kucing yang baru lahir dari perut ibunya langsung ditinggalkan ibunya karena mencari makan. Anak kucing itu belum bisa membuka mata, seketika itu anaknya berjalan yang masih melatah-latah entah kemana mencari ibunya. Tiba-tiba lewatlah sepeda motor dan menggilas anak kucing tersebut. Nah apa yang dapat kita simpulkan dari analogi ketiga? Bahwa dalam hal sekecil apapun setiap anak pasti membutuhkan sosok kedua orangtua. Walaupun ia yatim piatu dari lahir, ia akan tetap merasakan arti orangtua dihidupnya. Percayalah, keluargamu adalah tempat terbaik ketika kamu sedang berada di banyak masalah.
            Dari tiga tips di atas. Sebenarnya penulis hanya mencoba untuk membantu anak-anak muda yang saat ini terlihat jauh dari orangtua dan malah dekat ke pacar. Ini sudah tidak sinkron lagi. Mengapa saya bilang seperti itu? Perhatikan saja attitude kebanyakan anak muda yang sekarang kita temui. Saya tidak mengatakan hal negatifnya namun anda bisa merasakannya sendiri. Baiklah semoga artikel tips di atas bisa membantu.
Jadilah anak muda yang membahagiakan orangtuanya sekarang, esok dan nanti!


2 comments:

Ketik Komentar Disini